Bergabung di Telegram Gabung
Website Instan

Cara Mengatasi Sarpras Invalid Pada Dapodik 2022.d



DAPODIK

Dapodik adalah sebuah aplikasi komputer yang dibuat khusus oleh Kemdikbud agar sekolah-sekolah dapat melaporkan data pokok pendidikannya langsung ke kementerian secara onlline melaluli jaringan internet tanpa perlu terkendala masalah jarak dan waktu.

Sebenarnya dapodik sendiri sudah dilaksanakan dari tahun 2006, namun karena beberapa kali prosesnya mengalami kendala, termasuk tahun 2008 dimana terjadi pengalihan tugas pengelola yang awalnya dikelola oleh PSP Balitbang Depdiknas menjadi di delegasikan kepada masing-masing dinas pendidikan tinglat provinsi, kota dan sekolah-sekolah di seluruh Indonesia.

Setelah terjadi perubahan dalam internal kementerian, pada tahun 2012 Dapodik dilanjutkan eksistensi oleh PDSP Kemdikbud RI. Ini menjadi titik awal reformasi sistem pendataan dapodik yang terus berkembang hingga saat ini. Dapodik telah menjadi satu-satunya acuan data yang digunakan Kemdikbud dalam setiap kebijakan-kebijakannya baik yang terkait dengan biaya operasional sekolah (BOS), bantuan-bantuan sarana dan prasarana, hingga tunjangan-tunjangan guru dan kebijakan lainnya mengacu pada data yang dikirim oleh Operator Dapodik ini.

Dapodik 2022.d

Untuk saat ini, Aplikasi Dapodik sudah di versi 2022.d. Dimana pembeharuan terakhirnya yaitu pada tanggal 23 Februari 2022.

Adapun pembaruan dan perbaikan yang dilakukan pada Aplikasi Dapodik versi 2022.d adalah sebagai berikut:

  • [Pembaruan] Penambahan validasi terkait penginputan sarana dan prasarana.
  • [Pembaruan] Penambahan lembaran konfirmasi pada saat sebelum melakukan sinkronisasi.
  • [Pembaruan] Penambahan validasi terkait panjang, lebar dan luas pada tanah dan bangunan.
  • [Perbaikan] Perbaikan bugs validasi Lokal terkait pengecekan kepala sekolah
  • [Perbaikan] Perbaikan penginputan nilai UPK
  • [Perbaikan] Perbaikan bugs pada Profil Guru untuk perhitungan pensiun Kepala Sekolah
  • [Perbaikan] Penutupan user interface terkait informasi no rekening BOS/BOP
  • [Perbaikan] Penutupan user interface pengisian yayasan (pindah ke laman http://vervalyayasan.data.kemdikbud.go.id)
  • [Perbaikan] Penutupan perubahan tugas tambahan untuk Kepala Sekolah dan PLT Kepala Sekolah (dipindahkan ke menu Manajemen Dinas)

Bagi Satuan pendidikan yang sudah Instal Aplikasi Dapodik versi 2022.a, 2022.b, 2022.c dapat melakukan pembaruan Aplikasi Dapodik versi 2022.d, Satuan Pendidikan dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

Unduh file patch dapodik 2022.d disini ;

Install patch dapodik 2022.d;

Refresh browser (ctrl+F5);

Login Aplikasi Dapodik. Pastikan tampilan aplikasi sudah versi 2022.d;

Sarpras Invalid Setelah Pembeharuan Dapodik 2022.d

Setelah update Dapodik ke versi 2022.d, banyak sekali invalid yang keluar. Terutama pada bagian Sarpras di Dapodik penulis sendiri Sarpras Invalid ada 125. Ini cukup membuat saya kaget karena invalid yang keluar banyak sekali.

Setelah cari info, ternyata cukup mudah untuk mengatasi invalid pada Dapodik versi 2022.d ini. Berikut cara mengatasi Invalid pada Dapodik versi 2022.d:


wendy code
Diposting Oleh
IFG
SUBSCRIBE GUYS

Posting Komentar

© The Ruzid. All rights reserved. Developed by Jago Desain